Powered by Blogger.

Tips Mengatasi Baby Blues Syndrome

Penyebab Dan Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome

Tips Mengatasi Baby Blues Syndrome - Hampir 50% wanita mengalami rasa sedih dan khawatir pasca melahirkan. Dan hal ini biasa dinamakan Baby Blues Syndrome. Baby blues syndrome sendiri merupakan suatu kondisi dimana muncul perasaan sedih yang dialami oleh para ibu pasca melahirkan. Kondisi ini biasanya terjadi pada 14 hari pertama pasca melahirkan dan cenderung memburuk pada 3 sampai 4 hari pasca melahirkan.

Mengenal Apa Itu Baby Blues Syndrome
Tips Mengatasi Baby Blues Syndrome
Dan inilah ciri-ciri Baby Blues Syndrome yang mungkin sedang menimpa Anda saat ini, namun jika ibu mengalami kondisi yang sama melebihi 2 minggu, maka ada baiknya ibu berkonsultasi dengan dokter, karena di khawatirkan mengalami Postpartum Depression.

1 Rasa sedih dan depresi memenuhi perasaan ibu hingga menyebabkan ibu sering menangis
2 Emosi sangat labil, mudah marah dan gampang tersinggung
3 Kerap kali ibu merasa kelelahan dan sering dihinggapi sakit kepala
4 Sering merasa kurang percaya diri
5 Sering mengalami rasa cemas
6 Mengalami susah tidur
7 Sering mengalami rasa takut akan beberapa hal

Untuk mengatasi hal tersebut, usahakan lakukan persiapan yang matang sebelum melahirkan. Persiapan yang dimaksud bisa meliputi perlengkapan bayi, dana, dan kebutuhan ibu pasca melahirkan. Karena seorang ibu yang sudah matang dan siap dalam menghadapi persalinan, maka mental ibu dengan sendirinya akan terasah tatkala ibu memiliki buah hati baru.


Mengenal Baby Blues Syndrome
Tips Mengatasi Baby Blues Syndrome

Tapi jika Baby Blues Syndrome sudah mengampiri Anda maka lakukan hal seperti dibawah ini

1 Mintalah bantuan suami, orang tua, mertua atau kerabat dalam mengurus bayi Anda
2 Tidurlah selagi ada kesempatan
3 Ceritakan berbagai kesulitan Anda kepada suami
4 Jangan terlalu membebani diri
5 Manfaatkan waktu luang untuk rileks
6 Perhatikan asupan gizi dan pola makan Anda
7 Beri penjelasan kepada suami Anda tentang Baby Blues Syndrome, agar ia bisa mengerti serta memahami berbagai perubahan sikap dan tingkah laku Anda.

Dan itulah tips sederhana yang bisa Anda lakukan saat Anda mengalami Baby Blues Syndrome, tapi kalau Anda sudah melakukan semua hal diatas tapi keadaan semakin memburuk, maka ada baiknya Anda berkonsultasi atau minta bantuan dokter karena masalah ini juga harus mendapat penanganan yang intensif.

Baca juga tips menarik lainnya : Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh Dan Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Gorengan
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Mengatasi Baby Blues Syndrome di blog Tips Kecantikan dan Diet Jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan dengan menekan tombol share, agar teman-teman Anda tau

Artikel terbaru :