Powered by Blogger.

Khasiat Buah Bengkoang Bagi Kesehatan Dan Bahaya Biji Bengkoang

Pasti kalian sudah kerap mengenal buah bengkoang, buah yang satu ini sangat mudah dijumpai di pasar, supermarket, dan lingkungan sekitar, buah ini juga biasa muncul di iklan tv sebagai salah satu bahan untuk kesehatan kulit. 

Buah bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) buah yang berwarna putih yang biasa dimakan sebagai rujak, asinan, atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Bengkoang ini berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jicama. Biasa orang jawa menyebutnya sebagai besusu. 

Umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium. umbi ini juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90%. Rasa manis yang berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin (bukan insulin loh ^-^), yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Sifat ini berguna bagi penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.


Khasiat  Buah Bengkoang Bagi Kesehatan Dan Bahaya Biji Bengkoang



Ini dia nih yang kita tunggu-tunggu inti dari pembahasannya.

Khasiat Bengkoang Bagi Kesehatan


- Bengkoang dapat mengurangi produksi asam lambung

Bengkoang mempunyai sifat alkali yang berfungsi sebagai pendingin atau penyerap asam lambung dengan cepat.

- Bengkoang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes / kencing manis

Kandungan inulin yang terdapat dalam bengkoanglah yang membuat bengkoang terasa manis. Inulin tidak dapat dicerna oleh enzim dalam usus menusia hingga mampu menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap normal meskipun rasanya manis.

- Bengkoang dapat mengobati sariawan dan sebagai antioksidan

Kandungan vitamin C dalam bengkoang sangat baik untuk antioksidan maupun sebagai obat sariawan. Selain itu bengkoang juga mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah anda.

- Bengkoang dapat memperlancar ASI

Manfaat terbaru dari bengkoang yang ditemukan oleh pemuda dari daerah Nganjuk yang bernama Nur Alim. Ketika iyu salah satu keponakannya yang seusai melahirkan namun ASI tidak dapat keluar sudah berbagai cara telah dilakukan dari meminum obat-obatan dan segala macam alternatif. Nur Alim akhirnya mencoba memberikan bengkonag kepada keponakannya dan Alhamdulillah kuasa Allah seketika itu ASI dari keponaknnya itu keluar ibarat air kran yang mengucur deras. Yang mana bengkoang juga dapat menyuburkan ASI pada ibu.

- Bengkoang dapat mengobati ber-beri

Kandumgan vitamin B1 pada bengkoang dapat mencegah penyakit beri-beri.

- Masker bengkoang dapat menghilangkan noda hitam dan flek pada wajah

Bengkoang dapat menghilangkan noda hitam / flek pada wajah anda. Untuk penggunannya cukup parut bengkoang dan haluskan kemudian dijadikan sebagai masker.

- Bengkoang dapat menyehatkan tulang gigi

Kandungan fosfor dan kalsium dalam bengkoang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

- Bengkoang dapat mengurangi efek menopause (kerutan / keriput)

Untuk mengurangi kemungkinan terkena efek menopause tubuh membutuhkan fitoestrogen, dan fitoestrogen ada dalam bengkoang. Mengkonsumsi fitoestrogen yang cukup akan membuat kulit anda tetap sehat dan segar.

- Bengkoang dapat memperlancar pencernaan

Inulin dalam bengkoang mempunyai sifat sebagai serat makanan, sifat ini berpengaruh pada fungsi usus dan perbaikan parameter dalam darah. Sehingga bengkoang sangat baik untuk memperlancar pencernaan.

 selanjutnya kita akan membahas masalah Bahaya Dari Biji Bengkoang


Walaupun umbinya sapat dimakan, bagian bengkoang yang lain sangat beracun karenan mengandung rotenon, sama seperti tuba. Racun ini sering dipakai untuk membunuh serangga atau menangkap ikan, terutama yang diambil dari biji-bijinya.

Meski beracun, biji bengkoang ini pun dapat dijadikan sebagai bahan obat. Biji yang ditumbuk dan dicampur dengan belerang digunakan untuk menyembuhkan sejenis kudis. Sementara, di Jawa Tengah, setengah butir biji bengkoang dapat digunakan sebagai obat urus-urus. Keracunan biji bengkoang biasanya diatasi dengan meminum air kelapa hijau dan dapat digunakan untuk memperlancar buang air besar karena bengkoang mengndung serat yang lebuh tinggi daripada mangga.

Nah sobat itulah tadi khasiat buah bengkoang bagi kesehatan beserta bahaya dari biji bengkoang.

Baca juga : 
Terima kasih telah membaca artikel tentang Khasiat Buah Bengkoang Bagi Kesehatan Dan Bahaya Biji Bengkoang di blog Tips Kecantikan dan Diet Jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan dengan menekan tombol share, agar teman-teman Anda tau

Artikel terbaru :