Powered by Blogger.

Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh - Siapa yang tidak mengetahui buah Nangka, Buah yang mudah dijumpai dipasar, ataupun toko buah walaupun buah musiman tapi setidaknya banyak yang menggunakan buah ini untuk berbagai olahan. Dan semua hasil dari buah nangka ini bisa dijadikan olahan. Seperti contoh buah nangka muda biasanya digunakaan untuk bahan sayuran, seperti gudeg, lodeh dan sayur asam. Dan biasanya buah nangka yang sudah matang pun bisa dinikmati langsung dalam keadaan segar, bisa juga dibuat untuk campuran es, dihaluskan menjadi minuman (jus) atau diolah menjadi aneka makanan daerah, seperti dodol nangka, selai nangka. Nangka juga bisa digunakan sebagai pengharum es krim atau minuman yang biasa dikenal sebagai essence.

Inilah Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Bukan hanya buahnya saja yang bisa dinikmati, keistimewaan buah yang satu ini adalah biji dan bongkol bisa dijadikan berbagai olahan makanan. Biji nangka yang biasa kita kenal sebagai "Beton", dapat direbus dan dimakan karena mengandung sumber kerbohidrat tambahan yang tentunya sangat baik untuk tubuh. Biji nangka juga bisa dijadikan satu dengan masakan kolak bersama dengan buahnya. Jika bijinya saja bisa dijadikan campuran olahan kolak, maka bongkol bunga jantan (babal atau tongtolang) di berbagai daerah kerap kali dijadikan campuran bahan rujak.

Dari banyaknya macam olahan dari buah hingga biji buah nangka, bisa disimpulkan kalau buah nangka memang banyak membawa manfaat bagi kita, terutama bagi kesehatan tubuh kita. Tahukah Anda kalau mengkonsumsi buah nangka baik untuk kesehatan tubuh tapi dengan syarat jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. dan berikut Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh :

1. Sebagai Imunitas
Nangka merupakan sumber vitamin C yang baik dan juga mampu memproduksi antivirus dan juga sebagai anti bakteri pada tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga fungsi-fungsi organ dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang sehat akan melindungi Anda dari berbagai penyakit dan juga infeksi. Dan juga bisa sebagai pelindung tubuh dari kanker.
Karena Vitamin C pada nangka juga mengandung fitonutrien atau kandungan yang khusus melawan kanker seperti lignan, isoflavon dan juga saponin. Nutrisi ini tidak hanya memperlambat radikal bebas yang menyebabkan kanker tetapi juga meningkatkan fungsi kerja sel-sel lain dalam tubuh.

2. Kesehatan Kulit
Kulit sering kali terkena polusi, sinar UV, asap dan lain-lainya yang tentunya sangat merugikan kulit kita. Ini akan mempercepat proses penuaan, untuk itu Anda perlu mengkonsumsi buah nangka yang sangat kaya akan antioksidan yang berguna memperlambat aktifitas radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini.

3. Kesehatan Tulang
Buah nangka memang banyak mengandung kalsium yang baik untuk membantu memperkuat dan meningkatkan kesehatan tulang. Anda bisa menambahkan nangka pada menu diet Anda untuk menghindari osteoporosis. Tak hanya itu saja. nangka juga mengandung kalium yang bisa membantu mengurangi hilangnya kalsium melalui ginjal.

4. Memperbaiki Fungsi Pencernaan
Selain semua kandungan yang sudah disebutkan diatas, buah nangka juga mengandung banyak serat yang tentunya mampu membersihkan saluran pencernaan. Ini akan membantu Anda lebih sehat karena pencernaan yang lancar.

Nah, itulah Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh. Bahwa memang benar kalau nangka baik untuk kesehatan, konsumsilah nangka secukupnya jangan berlebihan.

Terima kasih atas kunjungannya, tinggalkan kritik dan saran Anda pada kolom komentar mengenai artikel ini.
Semoga bermanfaat.

Baca juga tips kesehatan terbaru lainnya  

Bahaya Terlalu Sering Mngkonsumsi Gorengan
Bahaya Penyedap Rasa Bagi Kesehatan
Tips Agar Bibir Tidak Kering Dan Pecah-Pecah
Terima kasih telah membaca artikel tentang Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh di blog Tips Kecantikan dan Diet Jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan dengan menekan tombol share, agar teman-teman Anda tau

Artikel terbaru :