Powered by Blogger.

Cara Pengelolahan Jus Buah Dan Sayur Agar Lebih Bermanfaat

Pola hidup modern yang sekarang ini cenderung merusak diri sendiri. Kebanyakan orang hanya mengejar harta, karir, jabatan dan segala impiannya tanpa mengindahkan kaidah-kaidah kesehatan. Ada yang serius bekerja tanpa peduli bahwa tubuh perlu istirahat, ada yang makan sembarangan yang penting enak dan kenyang. Padahal kesehatan adalah sumber utama yang sangat penting bagi tubuh kita, jikalau kita mempunyai banyak uang tetapi kita tidak sehat, percuma saja kita tidak akan merasakan kebahagiaan yang haqiqi. Karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, maka dari itu kita sangat perlu untuk selalu menjaga dan merawat tubuh kita agar tetap sehat. Insyaalloh.


mengelolah Jus Buah Dan Sayur Agar Lebih Bermanfaat



Nah, hidup sehat pun membutuhkan kebiasaan yang sehat pula, mulai dari lingkungan, pola makan, sampai pengelolahan makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Disini saya akan membahas :

Bagaimana cara pengelolahan jus buah dan sayur dengan benar, agar lebih bermanfaat.

Agar Jus Lebih Bermanfaat

Jangan langsung mengelola buah-buahan atau sayur-sayuran yang disimpan dilemari es.
Sering kali kita mengolahnya jus buah justru membuat kandungan nutrisinya jauh berkurang. Misalnya, dengan menambahkan terlalu banyak gula atau es batu. Untuk itu, sebaiknya ketahui dulu cara mengolah jus yang disarankan.

Minuman sari buah pada dasarnya dibedakan atas 3 macam : jus, lassi, dan smoothie.

  • Jus adalah sari buah yang diperoleh dengan cara diperas dengan tangan (jus jeruk) atau dengan blender, seperti jus nanas, jus apel, dan lainnya. Jus dapat juga dibuat dari buah atau sayuran yang dihaluskan dengan cara diblender.
  • Lassi adalah minuman dari jus yang dicampur yogurt
  • Smoothie adalah jus atau lassi yang dicampur bahan tertentu sehingga bertekstur lembut (smooth). Campuran yang biasa digunakan antara lain pisang, avokad, kelapa muda, dan havermut (rolled oats/quick cooking oats).

Tips Mengolah Jus 


  • Untuk mendapatkan jus sehat dan bermanfaat, simpan buah atau sayur dalam kulkas hingga dingin. Keluarkan buah atau sayur dari dalam kulkas. diamkan selama 15-30 menit sebelum diproses agar buah atau sayur sejuk dan tak terlalu dingin.
  • Bila jus disajikan dengan suhu lemari es atau ditambahkan es batu, nutrisinya akan sulit diserap dan dimanfaatkan tubuh. Penyerapan nutrisi paling optimal terjadi bila makanan bersuhu setara atau tak berbeda jauh dengan suhu tubuh.
  • Jus yang kaya akan antioksidan aktif dan berkhasiat sebagai antiaging terdapat dalam kelompok buah atau sayuran  yang mengandung karoten (betakaroten, likopen, lutein), vitamin C, dan asam sitrat. Karoten dan vitamin C dapat menggiatkan peremajaan sel.
  • Kandungan karoten banyak terdapat pada wortel dan buah lokal yang kini semakin langka, yaitu kesemek.
  • Rasa masam pada buah matang menjaga vitamin C tak mudah rusak,. Namun, bukan berarti buah manis tak mengandung vitamin C. Pepaya dan jambu biji merah adalah buah manis yang kaya akan vitamin C.
  • Asam sitrat-terutama pada air jeruk lemon atau nipis bersifat tonik bagi liver, sehingga menggiatkan fungsi liver dalam membuat zat racun atau radikal bebas dalam tubuh. Buah matang lain yang kaya akan asam sitrat adalah sirsak dan jeruk manis atau keprok.
  • Lemak sehat omega-3 juga termasuk antioksidan kuat. Terdapat dalam avokad, kacang-kacangan (kenari, almon, kacang mete) dan minyak zaitun extra virgin.
  • Untuk kesehatan dan antiaging sebaiknya jangan membuat jus dari campuran buah manis alkoholik (buah yang rasanya sangat manis, sedikit mengandung air, dan mudah berubah jadi alkohol jika pemeramannya terlalu matang). Contohnya durian, nangka, atau cempedak.
  • Agar kulit cantik dan awet muda, pikiran pun harus relaks dan jauh dari stres. Nutrisi penangkal stres adalah kalium (semua jenis buah), vitamin B kompleks (kacang hijau, kacang merah, dan jenis polong-polongan), dan zat relaksan (cokelat bubuk).
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^-^


Baca juga : 
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Pengelolahan Jus Buah Dan Sayur Agar Lebih Bermanfaat di blog Tips Kecantikan dan Diet Jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan dengan menekan tombol share, agar teman-teman Anda tau

Artikel terbaru :