Powered by Blogger.

Daun Kelor Sumber Ramuan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daun kelor !! Mungkin daun kelor sangat disepelekan oleh masyarakat sekitar, apalagi yang sudah hidup dizaman modern seperti sekarang ini, tetapi ternyata daun yang berbentuk bulat lonjong ini dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, ternyata memiliki sangaat banyak manfaat untuk kesehatan .. daun ini biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan .. tetapi tak banyak orang yang mengetahui akan khasiat daun kelor yang sangat luar biasa. Walaupun kecil ukurannya, daun kelor ini memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh, Bahkan para ilmuwan menyebutnya sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).


 Kelor Sumber Ramuan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



Manfaat dari kandungan daun kelor yaitu :

- Potasium 3 kali lipat daripada pisang

- Kalsium 4 kali lipat daripada susu

- Vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk

- VitaminA empat kali lipat lebih banyak daripada wortel

- Dua kali lipat protein daripada susu

Nah, itu tadi kandungan dari daun kelor yang disebut sebagai pohon ajaib. Langsung saja kita simak yuk apa saja manfaat dari daun kelor yang dinobatkan sebagai sumber ramuan untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Daun Kelor Cukupi Gizi Ibu Menyusui Dan Anak


 " DAun kelor mengandung protein, zat besi, dan vitamin C. Selain itu juga ada unsur flavonoid yang manfaatnya membantu ibu menyusui menghasilkan ASI lebih banyak. Kandungan protein membuat ASI berkualitas". Kandungan zat besi tinggi, yang 25 kali lebih tinggi dibanding bayam, disarankan dikonsumsi ibu usai melahirkan, dimana wanita menstruasi umumnya kehilangan banyak zat besi.
Untuk anak-anak, dapat dikonsumsi sejak dia masih bayi, yaitu bayi diatas enam bulan. Namun diingatkan lagi bahwa ibu hamil perlu menghindari konsumsi daun kelor saat hamil, terutama trisemester pertama.

2. Menyehatkan Mata 


Daun kelor memiliki kandungan tinggi vitamin A yang sangat baik untuk mata. Konsumsi daun kelor agar organ mata selalu dalam keadaan sehat dan jernih.
Daun kelor dapat dimanfaatkan dalam menyembuhkan penyakit mata, bisa dengan dimakan secara langsung (setelah daun dibersihkan).


3. Antioksidan dan Senyawa Anti-inflamasi


Daun kelor memilki beberapa senyawa anti-penuaan yang mampu menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan. Manfaat semakin optimal dengan adanya senyawa polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, dan asam klorogenat,, senyawa tersebut terkait dengan penurunan resiko untuk penyakit kronis, seperti perut, paru-paru, kanker usus besar, hipertensi, diabetes, dan penyakit mata akibat faktor usia.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal


Mengkonsumsi makanan yang sehat otomatis membantu ginjal bekerja dengan optimal (fungsinya), sebaliknya makanan tak sehat (salah satunya makanan tinggi lemak) akan menumpuk diginjal dan mengakibatkan timbulnya masalah kesehatan. Konsumsi daun kelor, otomatis membantu mengembalikan kesehatan ginjal yang sudah dalam kondidi tak baik.

5. Memperlambat Efek Penuaan


Daun kelor mengandung kadar enzim antioksidan yang bisa membantu memperlambat efek penuaan dan dengan memanfaatkan antioksidan herbal alami yang mampu menyeimbangkan hormon secara alami.

6. Mengobati Rematik


Daun kelor dapat dimanfaatkan untuk mengobati rematik. Penggunaan daun kelor dalam pengobatan rematik untuk mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi, yang sangat penting dalam mengatasi masalah rematik atau asam urat. Manfaat lainnya daun kelor ini untuk pegal linu, nyeri, dsb.

7. Mencegah Penyakit Jantung


Daun kelor mampu mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan. Dan daun ini memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung. Penelitian lebih lanjut masih diperlukam untuk memperkuat hasil penemuan.

8. Anti Kanker


Ekstrak kelor mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. dan sangat mujarab untuk pencegahan alami kanker.
Antioksidan didalam daun kelor sangat tinggi, selain itu kandungan potasium yang tinggi mebuat daun kelor memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker didalam tubuh.


9. Mengatasi Diabetes


Tingginya kandungan mineral yaitu seng, membuat daun kelor memiliki sifat anti diabetes. Kandungan tersebut diperlukan untuk produksi insulin. Daun kelor dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehungga menjadi normal, daun kelor juga dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Sehingga konsumsi sayur daun kelo bisa mencegah penyakit gula darah atau diabetes. Selain itu juga senyawa asam chlorogenic pada daun kelor terbukti membantu mengontrol kadar gula darah yang memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa (gula) yang diperlukan. Dan senyawa isothiocyanate juga telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap penyakit diabetes.

10. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan


Daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mencegah atau mengobati sakit maag, penyakit hati, kerusakan ginjal, keluhan pencernaa, dan infeksi. Penggunaan umum dari minyak kelor membantu meningkatkan fungsi hati, hal itu karena manfaat untuk detoksifikasi racun dan zat berbahaya didalam tubuh. Kemungkinan juga bisa mengatasi penyakit batu ginjal, infeksi saluran kemih, sembelit, retensi cairan dan diare.

11. Melindungi Tubuh Dari Bakteri


Ekstrak daun kelor memiliki kandungan senyawa antibakteri, yang mampu menghalangi perkembangan mikroorganisme berbahaya seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aemenyesalnosa, Enterrobacter aerogenes dan Escherichia coli.


12. Menyehatkan Kulit


 Daun kelor mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi, yang manfaatnya sangat penting bagi kesehatan kulit. Daun kelor bisa dijadikan sayur, jika rutin dikonsumsi memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. 
Daun kelor yang ditumbuk juga bisa dijadikan sebagai masker wajah, yang bisa membuat kulit wajah semakin halus dan sehat.

Daun kelor juga mengandung antibakteri alami, antijamur dan senyawa antiviral yang melindungi kulit dari infeksi. Manfaatnya menghilangkan bau, mengurangi peradangan yang terkait dengan jerwat, mengobati infeksi atau abses, menyingkirkan ketombe, membantu mnyembuhkan gigitan, luka bakar, kutil karena virus dan luka.


13. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolestrol


Salah satu manfaat tidak terduga daun kelor yaitu menjaga kadar darah dan mencegah kolestrol tinggi. Hal itu karena daun kelor mengandung Zat hiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

14. Menstabilkan Mood dan Melindungi Kesehatan Otak


Sebagai makanan protein tinggi dan sumber yang kaya asam amino triptofan, daun kelor ini memiliki manfaat sebagai neurotransmitter, termasuk membantu tubuh dan mood akan "merasa baik".
Adapun kandungan antioksidan dan senyawa tiroid, bermanfaat untuk menjaga tingkat energi tubuh, agar mencegah kelelahan yang sangat, depresi, suasana hati buruk dan insomnia.

15. Menjaga Berat Badan


Hal penting yang tidak boleh dilupanan untuk menjaga tubuh agar tetap seimbang berat badannya, daun kelor ini dapat dijadikan menjadi teh kelor yang dapat membantu untuk menangani masalah pencernaan,, yang manfaatnya untuk merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori. Teh yang dibuat dari daun kelor ini mengandung polyphenol yang tinggi, yang bekerja sebagai antioksidan. manfaat amntioksidan untuk mendetoksifikasi racun didalam tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

16. Menghilangkan Flek Wajah


Ramuan sederhananya, ambil beberapa daun kelor yang masih muda, tumbuk hingga sangat halus, lalu gunakan sebagai bedak (atau juga bisa dicampur dengan bedak). Bagian tanaman kelor yang banyak digunakan untuk kulit yaitu pada bagian kulit batang, daun, bunga dan biji.
Daun kelor mengandung nutrisi seperti kalsium dan mineral seperti tembaga, besi, seng (zinc), magnesium, silika dan mangan. Daun kelor juga bisa menjadi pelembab alami, memiliki kegunaan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.


17. Memanfaatkan Daun Kelor Untuk Kecantikan


Hal ini bisa menjadi alternatif perawatan kecantikan alami. Selain menggunakan minyak atsirinya dan buuk kelor yang dijual dipasaran, anda bisa memanfaatkan daunnya secara langsung.

Caranya, pertama-tama buatlah pasta daun kelor, pilih daun kelor yang masih hijau dan segar, lalu pisahkan dari rntingnya. Hakuskan daun kelor dengan ditambahkan sedikit air saja (agar daun kelor menjadi bentuk pasta).
Kemudian dijadikan ramuan tersebut sebagai masker, pasta daun kelor tersebut bisa disimpan selama 3 hari didalam lemari es.

Baca juga :


Terima kasih telah membaca artikel tentang Daun Kelor Sumber Ramuan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan di blog Tips Kecantikan dan Diet Jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan dengan menekan tombol share, agar teman-teman Anda tau

Artikel terbaru :