Powered by Blogger.

Masalah Sepele Penyebab Timbulnya Jerawat Batu Pada Wajah

Siapa yang tidak kenal dengan jerawat batu ? Jerawat batu atau biasa di sebut Systic Acne merupakan jerawat yang sangat membandel jika sudah menempel di kulit wajah. Jerawat batu juga sebuah permasalah wajah yang tidak boleh dianggap remeh, karena setiap orang khususnya pada perempuan pasti sangat mendambakan memiliki wajah yang putih, halus, bersih, dan bebas dari jerawat. Mengapa ?? Karena jenis jerawat batu sangat berbeda dengan jerawat yang lainnya, jerawat batu ini bersifat keras, biasanya ukurannya lebih besar dari jerawat pada umumnya, dan sangat nyeri luar biasa di mana jerawat batu itu akan muncul. Hal ini di sebabkan oleh peradangan yang luar biasa pada kulit.

Nah, dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita menyepelekan sesuatu yang sebenarnya itu pemicu utama dalam timbulnya jerawat batu pada wajah. Langsung saja kita simak penyebab timbulnya jerawat batu. 


Penyebab Timbulnya Jerawat Batu Pada Wajah


Penyebab Timbulnya Jerawat Batu Di Wajah


1. Disebabkan GEN atau Keturunan
Timbulnya jerawat batu pada wajah anda bisa di sebabkan oleh gen atau keturunan dari orang tua atau kakek. Bila dalam kelurga anda pernah mengalami permasalah wajah terkena jerawat batu ini, maka tidak menutup kemungkinan anaka ataupun cucunya mengalami hal yang serupa. Penyebab utamanya adalah kelenjar minyak yang berlebihan pada bagian muka atau wajah dan pada umumnya kelenjar itu over aktif dalam proses memproduksi minyaknya.

2. Kulit Wajah Terlalu Sensitif
Pada umumnya penyebab timbulnya jerawat batu ini disebabkan oleh kulit wajah yang terlalu sensitif terhadap rangsangan, hal seperti ini bisa menjadi masalah yang fatal sebagai contoh ketika jerawat ini menyumbat pada lubang pori-pori kulit dan menimbulkan peradangan pada kulit muka ataupun wajah anda, hal inilah yang sebenarnya menjadi penyebab utama munculnya jerawat batu.

3. Pemilihan Kosmetik dan Perawatan Wajah yang Tidak Tepat
Dalam memilih kosmetik ataupun produk alami untuk perawatan wajah, anda haruslah mengetahui terlebih dahulu seperti apa kondisi kulit wajah anda, maka dari itu anda harus teliti dan cermat untuk memilih jenis kosmetik yang cocok dengan kondisi kulit anda. Karena bila penggunaan produk perawatan wajah anda tidak cocok malah akan mengakibatkan kerusakan pada wajah atau timbulnnya jerawat dan bahkan mungkin akan timbulnya jerawat batu. Untuk hal itu silahkan langsung hentikan dan coba gunakan produk perawatan yang lain, yang lebih cocok dengan kulit wajah anda. Jangan menunggu hingga produk tersebut habis, yang alhasil wajah anda akan tambah parah.

4. Menggunakan Pembersih Jerawat yang Tidak Higenis
Pada umumnya bagi penderita jerawat akan merasa tidak nyaman dan risih terhadap jerawat yang dimilikinya. Banyak juga yang merasa minder dan tidak percaya diri karena jerawat yang dimiliki pada wajahnya. Salah satu kesalahan besar yang masih sering kita jumpai adalah menggunakan pencabut jerawat secara asal-asalan.Cara ini bukannya malah menyembuhkan jerawat dengan cepat, justru akan mengakibatkan peradangan yang luar biasa dan akhirnya menjadi cikal bakal munculnya jerawat batu yang semakin parah.

5. Tidak Rutin Membersihkan Wjah Secara Berkala
Mungkin ada sebagian orang yang kurang mempedulikan dengan perawatan wajah yang sebenarnya sangat penting, alhasil menjelang malam hari sebelum tidur mereka jarang membersihkan wajah dari kosmetik maupun dari kotoran lainnya, karena setelah kita beraktivitas sehari-hari pasti ada beberapa kotoran yang menempel pada kulit wajah kita. Nah hal ini juga yang menjadi pemicu timbulnya jerawat batu yang luar biasa menyakitkan. Biasanya di malam hari itulah bakteri akan lebih cepat berkembang dan mengakibatkan timbulnya jerawat batu, alhasil keesokan harinya terdapat jerawat batu di wajah anda.

6. Regenerasi Kulit Wajah yang Tidak Normal
Pada saat keadaan normal setiap kulit yang mati akan digantikan dengan yang segar secara berkala dan juga cepat, tapi ada kalanya regenerasi ini terhambat dan inilah yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat batu yaitu akibat dari penumpukan sel kulit mati yang terus-menerus.

7. Makanan dan Minuman yang Tidak Sehat 
Nah ini pemicu berat dalam timbulnya jerawat batu, karena dalam kehidupan sehari-hari kita sering saja menyepelekan hal ini. Terlebih lagi jika wajah kita sangat mudah terserang jerawat, maka sangat dianjurkan untuk menghindari makanan dan minuman yang tidak sehat, seperti makan-makanan yang berminyak, gorengan, minuman bersoda, makanan instan dan lainnya. Jika anda benar-benar ingin sembuh dari jerawat maka jauhi kebiasaan buruk ini, selain itu badan anda juga akan terasa lebih sehat ketika bisa mengkonsumsi makan sehat dan alami setiap hari.

8. Kebiasaan Buruk 
Kebiasaan buruk seperti merokok dan begadang dimalam hari tentu juga menjadi salah satu penyebab dan cikal bakal timbulnya jerawat batu diwajah. Kebiasaan ini sering dilakukan hingga larut malam, hingga pagi hari. Padahal badan kita sangat perlu untuk beristirahat dari kegiatan kita selama sehari penuh, beberapa orang telah mengemukakan bahwa orang yang suka begadang hingga larut malam akan menjadikan badannya cepat rusak dan wajahnya cepat tua sebelum waktunya. Bila anda salah satu tipe orang seperti ini, maka sebaiknya anda menjauhi kebiasaan buruk ini. 


Baca juga:
Terima kasih telah membaca artikel tentang Masalah Sepele Penyebab Timbulnya Jerawat Batu Pada Wajah di blog Tips Kecantikan dan Diet Jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan dengan menekan tombol share, agar teman-teman Anda tau

Artikel terbaru :